Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Manfaat KTP elektronik di Pilkades Luwu Utara

Hampir seratus persen masyarakat Kabupaten Luwu Utara telah menerima KTP elektronik, namun mengertikah mereka atas manfaat KTP elektronik ini dibandingkan KTP sebelumnya? Ketika masyarakat di Luwu Utara direkam sidik jarinya, dan kemudian mereka menerima KTP elektronik, sadarkah bahwa identitas sidik jari disimpan dalam cip yang ada dalam KTP nya dan apa manfaatnya ? Bahwa KTP elektronik yang dimilikinya tidak lagi dapat digunakan oleh orang lain, namun bagaimana caranya?
 
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani telah menetapkan bahwa tiga desa akan melaksanakan pemilihan kepala desa pada tanggal 3 Oktober 2018 dengan cara elektronik, sebagai pilot pilkades elektronik selanjutnya yang akan dilaksanakan secara menyeluruh pada pilkades selanjutnya. Dalam pilkades elektronik tersebut pemilih wajib membawa KTP elektronik, dan akan diverifikasi menggunakan alat baca KTP elektronik, sidik jari pemilih ditempelkan pada alat baca KTP elektronik dan dipadankan dengan data sidik jari yang tersimpan dalam KTP elektronik, dan jika cocok maka NIK dalam KTP elektronik dibaca apakah ada dalam DPT, dan jika cocok maka SAH punya hak pilih, sistem menandai status HADIR untuk NIK tersebut.



Pada akhir penutupan pilkades, dapat diketahui dengan cepat berapa pemilih menggunakan KTP elektronik, berapa pemilih menggunakan KTP elektronik namun KTP nya rusak atau sidik jari tidak terbaca, dan berapa orang pemilih tidak membawa KTP elektronik. Dan untuk tiga macam kategori tersebut dapat diketahui berapa NIK nya.

Akhirnya, selamat melakukan evaluasi bagi Dinas Dukcapil Luwu Utara untuk mengetahui bagaimana kualitas perekamannya, bagaimana profil masyarakat luwu utara terhadap KTP elektronik, dan selanjutnya dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana memelihara  KTP elektronik yang berlaku seumur hidup.  Selamat berinovasi kepada Kabupaten Luwu Utara !

 

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id