Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Pemanfaatan Sertifikat Digital iOtentik BPPT di Komisi Pemberantasan Korupsi

Suasana Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Digital Di KPK

 

 

 

Banyaknya pemalsuan dokumen saat ini menjadi suatu masalah yang perlu dicarikan solusinya, karena hal tersebut menimbulkan ketidakpastian dalam kegiatan ekonomi, birokrasi maupun sosial di masyarakat. Teknologi yang memungkinkan untuk bisa menjawab masalah tersebut adalah Public Key Infrastructure, dimana 4 aspek keamanan yang ada didalam fungsi Sertifikat Digital yakni confidentiality, integrity, authentication, dan non-repudiation bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Terkait dengan pemanfaatan Sertifkat Digital, pada hari Selasa tanggal 7 Maret 2017  telah dilakukan sosialisasi pemanfaatan Sertifikat Digital di instansi pemerintah. Pertemuan yang dipimpin oleh Bapak Hary Budiarto, Deputi Bidang Informasi dan Data KPK juga dihadiri oleh tim dari iOTENTIK BPPT dan tim internal KPK.

Dalam kesempatan tersebut tim iOTENTIK BPPT memaparkan teknologi Sertifikat Digital serta pemanfaatannya di beberapa intansi pemerintah yang telah menggunakannya terlebih dahulu.  Sertifikat Digital ini telah berhasil diintegrasikan ke dalam aplikasi yang telah ada di  instansi – instansi pengguna dengan menggunakan tool-kit Amando yang juga dikembangkan di BPPT. Di akhir sesi paparan tim iOTENTIK mendemokan aplikasi SPeED yang merupakan aplikasi penandatanganan digital berbasis mobile yang digunakan di Badan Kepegawaian Negara.

Untuk implementasi Sertifikat Digital di lingkungan KPK, telah disepakati bahwa  akan dilakukan ujicoba integrasi antara Sertifikat Digital dengan aplikasi SIKD atau aplikasi persuratan. Aplikasi ini menggunakan Single-Sign-On (SSO) untuk pengiriman nota dinas internal maupun surat eksternal yang digunakan oleh seluruh pegawai KPK. Untuk tahap awal Sertifikat Digital akan digunakan sebagai otentikasi dan tanda tangan digital pada setiap dokumen sehingga keutuhan surat serta kepastian pengirim dapat dijaga dengan lebih baik.

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id