Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Aplikasi E-Planing dan E-Budgeting Berbasis Kinerja dan Cloud

Dalam beberapa kesempatan, Bapak Presiden Republik Indonesia selalu menekankan pentingnya penggunaan teknologi informasi dan e-Government (e-Pemerintahan) sebagai solusi dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta akuntabilitas pemerintahan. Secara khusus Bapak Presiden juga memerintahkan penggunaan aplikasi e-Budgeting di semua Instansi Pemerintah baik Pusat dan Daerah.

BPPT melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, sejak tahun 2007/2008 telah menyiapkan teknologi informasi yang dapat dipergunakan untuk mendukung proses perencanaan dan penatausahaan anggaran di Pemerintah Daerah melalui aplikasi SIMRAL (Sistem Informasi Manajemen peRencanaan pengAnggaran dan peLaporan). Aplikasi ini dikembangkan dengan berbasis web dan Free Open Source Software (FOSS).

BPPT berkepentingan dalam penyiapan teknologi informasi untuk aplikasi keuangan daerah karena aplikasi keuangan daerah mempunyai banyak nilai positif yang dapat dimanfaatkan untuk memperbesar daya ungkit penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan daerah. Sebagai aplikasi inti (core application), aplikasi ini melibatkan seluruh unit kerja yang ada dan sifatnya wajib digunakan, memungkinkan interoperabilitas dengan banyak aplikasi lain, memungkinkan konsolidasi data nasional, serta meningkatkan transparansi pembangunan.

Model aplikasi ini dibangun secara komprehensif dan menyeluruh mulai proses perencanaan, dengan modul-modul RPJMD, Musrenbang, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Renja SKPD, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), serta proses penganggaran, dengan modul-modul untuk penyusunan RKA, RAPBD, DPA. Aplikasi juga menyediakan fasilitas untuk proses penatausahaan anggaran, akuntansi dan laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai aturan yang berlaku di pemerintahan. Sebagaimana amanat PP71 tahun 2010 dan Permendagri 64 tahun 2013, aplikasi telah menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual secara penuh.

 

Model Aplikasi SIMRAL

 

 

Contoh Tampilan Aplikasi SIMRAL

Sampai saat ini aplikasi SIMRAL telah diterapkan di beberapa pemerintah daerah sebagai Mitra BPPT, diantaranya Kab. Banyuwangi, Pemkot Pekalongan, Pemkot Tangsel, Pemkab Situbondo, Pemkot Probolinggo, yang telah menggunakan aplikasi ini secara full modul dari perencanaan sampai penatausahaan dan pertanggungjawaban anggaran. Sedangkan Pemkab Serang, Pemkot Bogor, Pemkab Pati, Pemkab Phakpak Bharat, Pemkab Tebing Tinggi dan Pemkab Batubara, menggunakan untuk perencanaan pembangunan daerah.

Saat ini BPPT sedang menyiapkan agar aplikasi ini dapat dipergunakan secara massive melalui teknologi Cloud sebagai software as a service, sehingga lebih banyak Pemerintah Daerah yang dapat memanfaatkan secara lebih efisien dan efektif. Sesuai dengan arah / trend kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, kami melihat teknologi cloud merupakan teknologi yang sesuai untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan e-Government dalam mendukung Reformasi Birokrasi yang merupakan agenda nasional pemerintahan. BPPT juga sedang mengupayakan model pemanfaatan tandatangan digital untuk dapat dipergunakan di penandatangan dokumen-dokumen keuangan daerah (Dokumen APBD, SP2D dll).

Untuk itu PTIK BPPT sangat mendukung dan mengambil inisiatif untuk dapat mewujudkan sinergi nasional dalam mewujudkan pembangunan e-goverment berbasis cloud, dengan e-planing dan e-budgeting dapat dipergunakan sebagai aplikasi utamanya. Sinergi nasional diperlukan untuk menyatukan model atau kerangka dasar secara nasional, yang saat ini ditangani oleh instansi yang berbeda-beda, antara lain Kementerian Dalam Negeri, kementerian Keuangan, Kementerian PAN&RB, Kementerian Kominfo, Bappenas, BPKP dan BPPT.

Melalui sinergi nasional ini kami mengharapkan terwujudnya penggunaan teknologi informasi atau e-Government yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung reformasi birokrasi, dan akuntabiltas pelayanan publik.

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id