Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Sosialisasi Implementasi Aplikasi SIMRAL BPPT dalam Mendukung Proses Pembangunan Daerah

Pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017 bertempat di ruang auditorium Gedung Manajemen dan Inovasi BPPT – PUSPIPTEK, Serpong, Tangerang Selatan, telah dilaksanakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen peRencanaan, pengAnggaran dan peLaporan (SIMRAL) Dalam Mendukung Proses Pembangunan Daerah, dengan mengundang pemerintahan daerah di Provinsi Banten. Acara ini terselenggara atas hasil kerjasama antara Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT dengan Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sosialisasi difokuskan pada kebutuhan dukungan implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan kegiatan pembangunan di daerah supaya konsisten (runut dan utuh), transparan, dan akuntabel, sehingga peluang penyalahgunaan anggaran bisa diminimalkan, atau dihilangkan. 

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh lebih dari 140-an orang peserta, dengan peserta yang hadir meliputi Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi KPK Wilayah Banten dan Jawa Barat, perwakilan dari BPKP Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kota Serang, Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT, Pusyantek BPPT, serta Perwakilan Pusat Bisnis PUSPIPTEK.

Beberapa catatan penting yang mengemuka dalam acara sosialisasi tersebut diantaranya adalah bahwa salah satu target rencana aksi program pemberantasan korupsi tahun 2017 Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Banten adalah integrasi antara e-Planning dengan e-Budgeting, untuk itu diperlukan upaya percepatan dalam implementasinya. SIMRAL BPPT diharapkan dapat mendukung upaya percepatan implementasi ini melalui model replikasi sistem yang telah diimplementasikan di Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

Disampaikan pula pada acara ini bahwa integrasi e-Planing dan e-Budgeting sangat membutuhkan sinergi nasional dari instansi-instansi terkait untuk dapat merumuskan bersama model yang optimal. Instansi terkait dalam hal ini meliputi Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN&RB, Kementerian Kominfo, Bappenas, dan BPKP. Dalam hal ini PTIK BPPT siap memberikan dukungan dalam penggunaan teknologi informasi yang dibutuhkan. Melalui sinergi nasional ini diharapkan dapat terwujudnya penggunaan teknologi informasi atau e-Government yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung reformasi birokrasi, dan akuntabiltas pelayanan publik. 

Paparan dari PTIK (BPPT) yang diwakili oleh Bapak Faisol 

 

Paparan dari Pihak KPK

 

Peserta Sosialisasi

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id