Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Tentang PoC e-KTP Reader

 

 

Dalam diskusi di social media belakangan ini, banyak diusulkan pemakaian PoC e-KTP reader [1][2]  untuk menghindari pemakaian KTP-el palsu di pilkada DKI yang akan datang. Hasil kajian mengenai fitur aplikasi tersebut dirangkumkan sebagai berikut:

  1. Aplikasi tersebut mampu membaca foto yang terekam dalam chip KTP-el
  2. Kemampuan itu, tentunya sangat bermanfaat dan bisa dipakai untuk mengurangi resiko pemakaian KTP-el palsu
  3. Walaupun mampu membaca foto yg terekam di dalam chip, tetapi aplikasi tersebut belum dapat dikatakan memiliki kemampuan untuk memastikan keaslian KTP-el. “mampu membaca foto” tidak lantas bisa dikatakan “mampu memastikan KTP-el itu asli”. 
  4. Hal itu karena masih mungkin terjadi false positive. Maksudnya, ketika ada kartu (bukan KTP-el) yang memiliki chip, dan diinject dengan foto (chip pada kartu tersebut diisi dengan data foto), aplikasi tersebut tetap akan mampu membaca foto yang terekam dalam chip, padahal kartu tersebut bukan KTP-el. Aplikasi tidak mampu membedakan, mana yang chip KTP-el, mana yang bukan.  Ini yg dimaksud false positive. Seandainya PoC KTP-el reader akan dipakai untuk memastikan keaslian KTP-el, perlu dilengkapi dengan fitur untuk merespon false positive secara benar. Maksudnya, ketika kartu yang bukan KTP-el dipindai,  walaupun foto bisa diretrieve, aplikasi harus bisa menyatakan bahwa kartu itu bukan KTP-el.
  5. Untuk mampu memastikan keabsahan chip KTP-el (memastikan keaslian KTP-el), mau tidak mau harus memakai KTP-el reader, karena pembacaan harus lewat SAM (Secure Access Module).

Kalau dibandingkan dengan KTP-el reader, fitur aplikasi PoC e-KTP reader dapat dirangkumkan sebagai berikut:

Referensi

  1. Aplikasi PoC e-KTP reader : https://play.google.com/store/apps/details?id=sybond.poc.ektpread
  2. Blog Bondan Sumbodo pengembang aplikasi PoC e-KTP Reader: http://sybond.web.id/blog/2014/03/26/e-ktp-dan-security/

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id