Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

DUKCAPIL BOALEMO SANGAT MENGHARGAI HAK PILIH DI PILKADES NYA MENGAWALI MASYARAKAT CERDAS DARI PILKADES EVOTING

DUKCAPIL BOALEMO SANGAT MENGHARGAI HAK PILIH DI PILKADES NYA
MENGAWALI MASYARAKAT CERDAS DARI PILKADES EVOTING

Pilkades merupakan momen dimana seluruh masyarakat di desa tersebut melaksanakan hak pilihnya, termasuk yang tua-tua dan umumnya difasilitasi para calon menuju TPS. Momen inilah dimanfaatkan dukcapil untuk melaksanakan pelayanan rekam dan cetak suket, maka terjaringlah KTP-KTP lama yang tadinya akan digunakan untuk syarat memilih. Tak cukup hanya bawa undangan/pemberitahuan saja ke Pilkades di Boalemo pada tanggal 4 November 2019 yang lalu, bahwa di bagian depan pemilih masuk di TPS, terlihat perangkat laptop dan alat baca KTP elektronik untuk verifikasi keabsahan pemilih dan undangan diambil untuk diganti dengan token smart card yang dibawa ke bilik oleh pemilih untuk menghasilkan satu surat suara elektronik di bilik. Pemilih tinggal sentuh salah satu calon, dan melakukan konfirmasi apakah gambar yang dipilih sudah sesuai. Lalu struk tercetak dan diambil pemilih untuk dimasukkan ke kotak audit. Tidak lagi ada tinta di TPS itu.

Yang menakjubkan adalah ada pojok pelayanan Suket di setiap desa yang melaksanakan pilkades, dan sudah disiapkan form-form berisi nama-nama pemilih yang sudah punya hak pilih namun belum direkam, dan disediakan juga alat perekaman sidik jari dan Iris mata disana. Luar biasa, dukcapil benar-benar memanfaatkan pilkades untuk melakukan pelayanan aktif perekaman dan pelayanan suket bagi seluruh pemilih yang membutuhkan dukumen tersebut sebagai syarat untuk memenuhi hak pilih di pilkades pada hari H. Bahkan dukcapil menginap di desa tersebut beberapa hari sebelum hari H pilkades, sehingga hak pilih warga benar-benar terpenuhi, untuk diverifikasi sebagai penduduk yang sah dan punya hak pilih di desa tersebut pada pilkades yang berbasis KTP elektronik atau suket.

Itulah Kabupaten Boalemo yang telah melaksanakan pilkades eVoting sejak 2015, 2017 dan 2019, dengan demikian seluruh masyarakat Boalemo di 82 desa terutama yang sepuh sudah merasakan pilkades eVoting. Pilkades yang metodenya hanya 2 kali sentuh pada panel komputer, dalam bahasa daerahnya "korek 2 kali", satu korek calon dan kedua konfirmasi "Ya". Bagaimana partisipasi pemilihnya ? tahap pertama 6 desa, salah satu desa partisipasinya hampir 100 persen, yaitu 99.7 persen, luar biasa membanggakan, padahal tadinya desa dengan terbanyak DPTnya tersebut sangat kristis mempertanyakan keamanan eVoting, tiada lain itu lah desa Wonggahu yang fenomenal, dengan DPT lebih dari 2200.

Andrari Grahitandaru, BPPT.

 

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id