Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

LISTRIK PLN MATI DITENGAH PILKADES EVOTING DI BOALEMO

LISTRIK PLN MATI DITENGAH PILKADES EVOTING DI BOALEMO


Hari itu 4 November 2019 dilakukan pilkades tahap 1 sebanyak 6 desa dari 35 desa pada gelombang ketiga tahun 2019. Pemungutan suara dimulai jam 7 pagi dan ditutup jam 13.00 namun tiba-tiba mati listrik sekitar jam 11.00 secara menyeluruh ditengah pemungutan suara dengan eVoting di Kabupaten Boalemo, dan terpaksa pemungutan suara terhenti. Tidak ada satu pun panitia atau pemilih yang panik bahwa matiya listrik akan berdampak pada hasil pilkades eVoting. Oh...rupanya mereka sudah membuktikan melalui tim teknis lapangan yang bertugas saat sosialisasi, bahwa jika listrik mati atau terjadi Hang Up pada sistem, tidak akan mempengaruhi hasil. Sistem dinyalakan kembali, dan pemungutan suara akan melanjutkan. Rupanya mereka sudah paham. Bahwa sudah paham bahwa hasil eVoting adalah AKURAT. Selain itu eVoting PASTI dihitung karena tanda pemilih sudah memilih adalah tercetaknya struk, yang kemudian diambil oleh pemilih dan dimasukkan ke kotak audit. Jika ada yang mempertanyakan bahwa struk yang tercetak tidak sama dengan yang dipilih, maka panitia menjelaskan bahwa mana mungkin seperti halnya belanja di Alfamart, beli permen struknya tertulis roti. Bahwa struk audit diperiksa setiap pemilih sebelum dimasukkan ke kotak audit.
Dengan pemanfaatan perpanjangan waktu dua jam sampai jam 15.00 ditutup, hasil eVoting sangat membanggakan, dengan partisipasi pemilih 82.7 persen merupakan kebanggaan tersendiri bagi kabupaten Boalemo walaupun diselenggarkan hari Senin tanpa diliburkan.

Hal yang unik di Pilkades Boalemo adalah bahwa umumnya satu bilik eVoting di dukung oleh satu kotak audit dimana struk suara dalam kotak audit ini menjadi bukti hukum ketika ada yang menggugat hasil. Namun di Boalemo, kotak audit bisa lebih dari empat kotak, bahkan ada yang delapan ? Mengapa demikian ? Dengan kotak audit aneka warna yang bertuliskan nama-nama dusun disetiap kotak. Inilah suatu strategi unik untuk mengatasi manakala hasil pemenang ada yang sama, maka pemenang ditentukan dari banyaknya sebaran pemilih di dusun. Dengan demikian dapat dibayangkan, ketika terjadi hasil pemenang sama, maka kotak audit akan dihitung per dusun, dan berapa perolehan calon di setiap dusunnya. Maka kemenangan di banyak dusun itulah yang menentukan pemenangnya. Ada-ada saja cara mengatasi aturan yang harus dipenuhi pada penyelenggaraan pemilihan kepala desa.

Andrari Grahitandaru, BPPT.

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id