Tel: (021) 75791272/73,75 Email: sekr-ptik@bppt.go.id

Kabupaten Agam Kembali Menyelenggaran Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) dengan Metode E-Voting untuk Kedua Kalinya

Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada hari Senin tanggal 4 November 2019 lalu kembali memulai pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) dengan menggunakan metode e-voting, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun 2017 silam di 28 Nagari. Pada tahun ini Pilwana dilakukan secara serentak dan bertahap untuk 29 Nagari yang dibagi menjadi 6 tahapan selama bulan November. Dimulai dari tahap pertama 4 November 2019 hingga terakhir tahap keenam pada 25 November 2019. Tercatat sebanyak 118 calon maju dalam perhelatan 6 tahunan ini yang tersebar di 14 kecamatan.

Pilwana tahap pertama ini diikuti oleh 2 Nagari yakni Nagari Lubuk Basung yang memiliki 54 TPS dengan jumlah DPT sebayak 29.285 pemilih dan Kampung Pinang 4 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 3.059 pemilih. Pemilihan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Sebelum pelaksanaan Pilwana ini, sudah dilakukan terlebih dahulu pelatihan terhadap Tim Teknis Inti dan Tim Teknis Lapangan pada bulan September dan diakhiri dengan proses sertifikasi dua hari menjelang pemilihan. Sertifikasi dilakukan oleh Tim dari BPPT dan PT INTI dalam rangka pemantapan dan finalisasi Tim Teknis dan perangkat yang akan digunakan.

Proses pemungutan suara di TPS dimulai dari proses verifikasi menggunakan KTP-El Reader dan aplikasi DPT, pemilih yang datang menunjukkan KTP dan Surat Undangan, kemudian KTP-El dibaca dan diotentikasi dengan menggunakan sidik jari pemilih. Jika sukses pemilih akan diberikan smartcard untuk dapat membuka surat suara elektronik. Di bilik terdapat perangkat layar sentuh untuk menampilkan calon yang kemudian dipilih oleh setiap pemilih. Kemudian struk akan keluar yang dapat diverifikasi oleh pemilih dan dimasukkan ke kotak audit. Pada Pilwana kali ini juga dilakukan pengiriman hasil dari TPS ke pusat data dengan aplikasi pengiriman untuk selanjutnya hasilnya akan direkapitulasi secara otomatis di server pusat data dan ditayangkan ke publik.

Secara keseluruhan proses Pilwana tahap pertama di Kabupaten Agam ini berlangsung lancar dan sukses. Meskipun terdapat beberapa permasalahan minor di lapangan, akan tetapi dapat diselesaikan dengan cepat oleh tim teknis inti dengan dibantu oleh tim dari BPPT dan PT INTI.

Kemudian dari sisi partisipasi pemilih, dari pengamatan terlihat sedikit menurun dibandingkan dengan tahun 2017. Tercatat untuk Nagari Lubuk Basung tingkat partisipasi hanya 28,29% sementara Nagari Kampung Pinang 55,09%. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kurang gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah ke Nagari-Nagari yang akan Pilwana. Untuk itu perlu dianalisis lebih jauh dan evaluasi untuk mengatasi masalah ini. Menimbang juga masih ada 5 tahapan lagi dari Pilwana ini yang akan berlangsung. Sehingga diharapkan partisipasi pemilih lebih meningkat untuk tahap-tahap berikutnya.

                                                                                                       

Hubungi Kami

Gedung Teknologi 3, Lt. 3
Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314

Tel: (021) 75791272/73,75 Ext. 3120/3101

Fax: (021) 75791284

Web: ptik.bppt.go.id